Jumat, 08 April 2011

Gorontalo Buka Anjungan di TMII


JAKARTA, ITM- Bertepatan dengan 10 tahun hari jadinya, Provinsi Gorontalo membuka anjungan daerahnya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (23/3). Pembukaan anjungan bertepatan dengan peluncuran program “Updates From The Region” yang merupakan program Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dalam upaya mempromosikan potensi daerah kepada dunia internasional.

Pembukaan anjungan dihadiri sejumlah menteri di antaranya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad beserta sejumlah duta besar negara sahabat dan para pejabat daerah lainnya.

Kehadiran anjungan Gorontalo di TMII akan melengkapi koleksi rangkuman kebudayaan Indonesia di taman wisata budaya tersebut.

Menurut Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenlu Andri Hadi, program “Updates From The Region” sudah dilakukan di empat provinsi yaitu Riau, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur dan Maluku. Program ini adalah program jemput bola Kemenlu untuk mempromosikan daerah ke luar negeri. Diundangnya para duta besar negara sahabat bertujuan untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki daerah agar investor menanamkan modalnya.

Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail mengatakan, Provinsi Gorontalo pascapemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya berkembang terutama di bidang pertanian. Selama 10 angka peningkatan sektor pertanian terutama jagung cukup signifikan bahkan mampu mengekspor hingga ke sejumlah negara.

Di bidang perikanan, Gorontalo yang diapit laut di bagian utara dan selatan masing-masing memiliki potensi yaitu di utara berupa perikanan tangkap sedangkan selatan berpotensi pengembangan rumput laut. Di bidang energi dan pertambangan, sumberdaya alam yang dimiliki cukup menjanjikan, sebelumnya terindikasi adanya energi geotermal dengan kapasitas 110 Mega Watt sedangkan pertambangan berupa tambang emas. (itm-1)


http://indonesiatourismmonitor.blogspot.com/search/label/Gorontalo?max-results=5 



Perhelatan akbar masyarakat Gorontalo di Jakarta dan rombongan pejabat, tokoh masyarakat, serta para pengusaha Gorontalo yang antusias dengan kegiatan tersebut merasa bangga karena terlihat para duta besar negara-negara sahabat turut hadir. Disambut dengan berbagai tarian tradisional khas Gorontalo seperti tarian dayango dan dana-dana, para tamu undangan nampak terkesima sembari bertepuk tangan. 

Kegiatan yang juga turut mengundang para pelaku dunia usaha kain karawang ini, patut berbangga karena dengan adanya acara tersebut kain karawang Gorontalo makin dikenal oleh masyarakat dunia, gadis-gadis dan para ibu yang berkecimpung dalam banyaknya home industry karawang di Gorontalo, akan semakin mendapat nilai tambah untuk tetap menekuni pekerjaan mokarawo yang sangat membantu perekonomian daerah. (mdb)

2 komentar:

  1. Bagus blognya ada info kain kerawang gorontalo semakain dikenal . . .

    http://kainkrawang.blogspot.com/

    BalasHapus